Skip to main content

Event #tribute2Whitney


Hari Minggu tanggal 12 February 2012 kita terpana mendengar berita kematian penyanyi Whitney Houston di usianya yang masih muda, 48 tahun. Mengapa sebagian besar kita begitu hanyut mendengar berita duka ini padahal tidak mengenalnya secara pribadi? Jawabannya adalah, karena sebagian besar dari kita tumbuh dalam buaian lagu-lagu yang dinyanyikan Whitney Houston, salah satu penyanyi wanita terbaik abad ini, ia pernah 2 kali memenangkan Emmy Awards, 6 Grammy Awards, 30 Billboard Music Awards, dan 22 American Music Awards (Sumber: Kompas.com). Koleksi lagu-lagunya, terlalu panjang jika disebutkan satu-satu, tapi siapa yang belum pernah mendengar suara emasnya menyanyikan Greatest Love of All, I Wanna Dance With Somebody, One Moment in Time dan tentu saja I Will Always Love You yang sejak berita kematiannya kini laris diunduh penggemarnya di Amazon.com itu? Bagi banyak orang, salah satu dari lagu-lagunya pasti menjadi kesukaan dan memiliki makna khusus.

Jadi, pimpro untuk event ini, Ria Tumimomor, beserta team pendukungnya di Kampung Fiksi, walau sedang kelimpungan dengan event #cecintaan, mengundang siapa saja untuk menuliskan cerita pendek berdasarkan lagu-lagu Whitney Houston. Now, without further ado... inilah ketentuannya:

1.Kami hanya memberikan waktu selama satu minggu mulai dari tanggal 14 February 2012 hingga 21 Februari 2012 (pukul 24.00).

2.Peserta mengirimkan 1 cerpen terbaiknya dialamatkan ke email: kampungfiksi@gmail.com

3.Di Subject email mohon ditulis: (Tribute2Whitney) dan Judul Cerpen

4. Cerpen diketik dengan MS Word, Times New Roman 12, spasi 1,5, memakai template dari NulisBuku yang bisa di download di SINI dan dikirimkan dalam file/attachment. Jangan menulis cerpen di badan email, ya.

5. Peserta memilih satu lagu dari Whitney Houston sebagai tema cerpen

6. Dalam file cerpen itu jangan lupa tulis judul cerpen. Di akhir cerpen mohon diberi keterangan judul lagu Whitney Houston yang kamu pilih. Serta cantumkan nama pengarang dan jika ada account twitter dan blog.

7. Panjang cerpen maksimal 1200 kata saja ya… Kita mau membuat cerpen bukan novel loh!

8. Diminta dengan amat sangat untuk tidak menggunakan bahasa alay alias usahakanlah memakai EYD. Kalau kami menemukan kata-kata seperti : “aq” untuk menggantikan “aku” atau “bwt” menggantikan “buat” , “yg” menggantikan “yang” akan langsung kami kembalikan naskahnya. Tentunya kami tetap berharap peserta mau mengirimkan kembali dalam format yang benar.

9. Kami bekerjasama dengan Indie Publisher Nulis Buku untuk menerbitkan naskah-naskah peserta.

10. Terpenting untuk diketahui, para peserta tidak akan mendapat royalty dari naskah mereka. Peserta juga tidak akan mendapatkan buku gratis yang pastinya berisi cerpen karya peserta.

11. Kami akan menggunakan hasil penjualan untuk membantu komunitas Taman Baca "Mahanani", kami menghimbau para peserta membeli sendiri buku #Tribute2Whitney ini.

12. Semua pengirim naskah ke Kampung Fiksi untuk event #Tribute2Whitney dianggap telah membaca, memahami dan menerima semua ketentuan yang tercantum di sini.

13. Kami akan mengusahakan agar naskah-naskah peserta bisa diterbitkan bersama pada akhir Februari ini.

Jadi, tunggu apa lagi teman-teman? Yuk, kita mau mulai mengingat lagu Whitney Houston yang berkesan bagi kita dan menginspirasi kita untuk membuat cerita pendek yang indah pula.

Popular posts from this blog

(Berbagi Pengalaman) Prosedur Umum Menerbitkan Buku Melalui Penerbit Besar

Banyak penulis yang belum berpengalaman menerbitkan buku melalui penerbit besar mengalami kebingungan saat sudah mendapat “lampu hijau” dari penerbit. Kebingungan ini mungkin disebabkan oleh euforia karenamengetahui karyanya akan segera dibukukan dan akan dipajang di toko buku-toko buku seluruh Indonesia. Saking bingungnya, penulis akhirnya hanya bisa pasif menunggu apa selanjutnya yang akan dilakukan penerbit dengan naskahnya. Padahal masih banyak prosedur yang melibatkan penulis secara aktif, sampai buku itu terbit.

Soal bagaimana menembus penerbit, Kampung Fiksi sudah membahasnya di sini. Nah, bagaimana selanjutnya? Suatu hari penerbit menghubungi kamu via email atau telepon, mengabarkan berita yang sudah begitu lama kamu tunggu-tunggu, “Naskahnya mau kita terbitkan. Tunggu kabar selanjutnya dari kami, ya!” Woggh! Silakan merayakan kebahagiaanmu. Tapi jangan lama-lama. Mulailah mengikuti secara cermat hal-hal yang berkaitan dengan terbitnya buku kamu.

Fase selanjutnya setelah mendap…

Membuat Outline Novel

Mau belajar menulis fiksi: cerpen/novel/editing, bisa bergabung di Kelas Online KF dan belajar sesuai waktu dan kebutuhanmu. Untuk informasi lengkap silakan kirim email ke kelasonlinekf@gmail.com atau klik gambar untuk mengetahui jenis kelas yang bisa kamu ikuti. Tunggu apa lagi? Segera daftarkan dirimu!
***Pernahkah kamu menulis novel lalu kemudian ketika sampai di tengah, kamu tiba-tiba buntu, ga tahu harus ngapain ceritanya? ga tahu tokoh ceritanya harus dibikin bagaimana? Dan karena pusing kamu berhenti menulis novel itu dan membuangnya ke tempat sampah. Sayang sekali, padahal Indonesia membutuhkan banyak penulis.  
Semua orang bisa menulis tetapi tak semua orang bisa menulis novel. Butuh kesabaran, kerja keras, latihan, dan  tentu saja komitmen. Hanya orang-orang yang bertekad kuat dan memiliki disiplin diri yang mampu menyelesaikan novelnya. Jadi kalau kamu ingin menulis novel, kumpukan tekad, komitmen, dan percaya novel kamu akan selesai. Namun tekad dan lain-lain itu tak cukup u…

Selingan Semusim: Apakah Atas Nama Cinta Semua Menjadi Halal?

Judul: Selingan Semusim
Penulis: Alaika Abdullah
Tebal: 197 halaman
Genre: Roman-erotis

Selingan Semusim adalah sebuah kisah cinta terlarang antara Novita dan Fajar Kenapa terlarang? Bukan karena perbedaan agama, ideologi atau karena tingkat sosial, melainkan karena mereka berdua sama-sama sudah menikah dan keadaan rumah tangga mereka baik-baik saja.
Kisah cinta ini dibumbui dengan adegan seksual yang diceritakan dengan eksplisit. Karena itulah novel ini memang layak disebut sebagai novel dewasa, 21 tahun ke atas.
Kisahnya sendiri berawal dari perkenalan antara Novita dan Fajar dalam sebuah acara kerja lalu berkembang menjadi sebuah affair yang ternyata berkesan bagi keduanya. Walaupun mereka kemudian berpisah karena memikirkan keutuhan keluarga masing-masing, tetapi mereka tidak saling melupakan.
Tragedi tsunami Aceh juga dimasukkan oleh penulisnya ke dalam cerita ini, dan menjadi salah satu unsur yang mengubah jalan cerita. Kalau dulu Novita adalah seorang isteri yang tidak bisa pe…