Skip to main content

[Serial Kamis Tips Nulis] Mulai Menulis Buku




Kamis Tips Nulis sekarang diambil dari WIKIHOW

Dan  masih dari Wikihow yang ini

pernah gak kalian mikir begini,"Begitu ada waktu luang gue akan menulis buku" atau "Nanti pas pensiun gue bakal nulis buku"

Gak ada waktu yg pas selain saat ini juga untuk MULAI menulis buku, Krn ada hal2 yg mesti dipelajari terlebih dahulu  

Brian Bailey penulis buku 10 Steps to Writing a Better Book, mengatakan: Writing the book was a very long process  

...a very long process filled with surprising twists, frustrating moments, and, periodically, a real rush of accomplishment.  

Tentukan dulu topik tulisan kamu sebagai langkah pertama

Misalnya kamu kepikiran topik tentang kehidupan seorang tukang sapu & smart shopper. Mana ya yg mau ditulis? #KamisTipsNulis

coba tanya ke teman2 (YG HOBI MEMBACA) cerita mana yg mereka pilih. Walau ini gak jd jaminan tp anggap aja survey utk kamu #KamisTipsNulis

buntu ide mau menulis apa? Buka Google dan ketik: Writing Prompts #KamisTipsNulis

topik tulisan bisa berasal dari kehidupan kamu sehari-hari, isu2 sosial, lagu, apa saja #KamisTipsNulis

Sudah tahu mau menulis apa? Nah, sekarang mari susun PLOT (jalan/alur cerita) #KamisTipsNulis

bikin alur cerita yg tdk mudah ditebak akhirnya. Cth: dlm cerita misteri, pelaku kejahatan adl org yg tdk terduga sm sekali #KamisTipsNulis


tau topik tulisan, mulai bikin plot, mulai menyusun kira-kira apa yang mau diceritakan dalam setiap bab #KamisTipsNulis 


Misalnya bab 1, perkenalan para tokoh2 lanjut ke bab 2 tentang masa lalu mereka dst smp bab akhir ttg nasib para tokoh #KamisTipsNulis

tokoh2nya ngapain aja sih? ada perselisihan kah? ada tujuan yg mau dicapai? atau memperebutkan sesuatu? Akhirnya? #KamisTipsNulis

apakah harus selalu ada konflik? Konflik itu apa sih?  

Konflik dr bahasa Latin configere yang berarti saling memukul.*pantes konflik di sinetron panjang & gak kelar2 ya - eh*  

contoh konflik dalam drama Romeo and Juliet. percintaan mereka menjd sulit terwujud krn dua keluarga bermusuhan  

Atau si tokoh ingin berhenti bekerja & mulai membuka usaha tp khawatir akan menemui kegagalan shg tdk bs memutuskan  

sahabat KF kita lanjut ke #KamisTipsNulis menulis buku dari http://www.wikihow.com/Write-a-Book

tadi kita membahas menyusun plot cerita ya. Mari kita bikin outline-nya  

Outline atau kerangka karangan ini membantu utk membuat permulaan, perkembangan alur cerita dan karakter...

..setting cerita yg akan membawa ke konflik lalu klimaks cerita hingga akhir cerita  

mnrt site ini, kita harus tahu bagaimana menjadi pembaca yg kritis sblm mulai menulis novel!  

Jd jgn hanya baca sekedar baca,tamat, sdh. Tp coba lihat plot-nya, tokoh2nya, konfliknya. Ya, utk bs menulis kudu hobi baca  

Yuk langsung membahas dgn elemen2 dalam novel  

 Ini ceritanya thn brp? Dimana? Termasuk dlm menyusun Setting cerita

Emak Gaoel @windakrisnadefa pernah membahas tentang setting di blog Kampung Fiksi #KamisTipsNulis 

Pembahasan lebih lanjut mengenai setting oleh Endah Raharjo juga di blog Kampung Fiksi 

Lanjut dari setting ke karakter :)  

dalam cerita kamu, siapa tokoh utamanya? Cewek? Cowok? usia? tinggal dimana? Manusia atau peri atau hantu? #KamisTipsNulis

Tokoh utama yang menjadi pusat cerita (di buku dan di film) : protagonist  


setiap protagonist selalu mempunyai antagonist yg selalu berlawanan. BIASANYA, tokoh penjahat adl si antagonist. Tdk Selalu.  

Misalnya: menjadi mata2 di negara lawan. bg negara sendiri si mata2 adl pahlawan. Bg negara yg diintai si mata2 adl musuh  

Laluuuu kita masuk ke konflik; yg tadi sempat kita bicarakan sebelumnya  

Konflik bs jadi awal cerita itu dimulai. Ketika si tokoh tidak disetujui keluarganya untuk berkarir sbg penari dll  

dan konflik yang di hadapi si tokoh dlm mencapai cita2nya ini akan ada di sepanjang cerita  

cerita mencapai klimaks pas jd deg2an membaca jalinan ceritanya. Apa si tokoh tetap pd cita2nya walau dibuang dr kelg?  

resolusi, masalah terpecahkan, si tokoh mencapai cita2nya.Kecuali ingin membuat buku lanjutan. Hrs ada yg blm terselesaikan  

Detail juga penting diperhatikan dlm membuat cerita. Jd jgn hanya bilang cewek itu cantik. Seperti apa cantikya?  

 sebelum memulai, tanyalah pd diri sendiri apa beneran nih mau menulis? Krn menulis itu adl proses yg panjang & gak instan

Riset itu perlu banget utk menulis baik fiksi maupun non fiksi dan walau bahan byk di internet tetap butuh waktu  

ide gak bisa ditunggu. Makanya kudu bawa buku tulis sm bolpen utk menampung ide yg tiba2 nongol. Bisa jg di gadget kamu  

coret2an ide awal di buku bs membantu bikin kerangka karangan yg bakal lebih membantu mengarahkan tulisan kamu  

kerangka karangan itu bs membantu jg utk pengembangan tokoh2nya. Si cewek dan pacarnya. msg2 punya kelg & teman  

 Proses plg menyakitkan buat penulis tapi perlu dilakukan adl: baca ulang dan edit. Apalagi kalau banyak yang harus dihapus

coba tinggalkan sehari dua hari cerita kamu & begitu dibaca ulang kembali akan terlihat mana yg gak perlu & wajib di edit  

Nah, tunggu apalagi? Ayo mulai menulis dan membuat novel! 








Popular posts from this blog

(Berbagi Pengalaman) Prosedur Umum Menerbitkan Buku Melalui Penerbit Besar

Banyak penulis yang belum berpengalaman menerbitkan buku melalui penerbit besar mengalami kebingungan saat sudah mendapat “lampu hijau” dari penerbit. Kebingungan ini mungkin disebabkan oleh euforia karena mengetahui karyanya akan segera dibukukan dan akan dipajang di toko buku-toko buku seluruh Indonesia. Saking bingungnya, penulis akhirnya hanya bisa pasif menunggu apa selanjutnya yang akan dilakukan penerbit dengan naskahnya. Padahal masih banyak prosedur yang melibatkan penulis secara aktif, sampai buku itu terbit.

Soal bagaimana menembus penerbit, Kampung Fiksi sudah membahasnya di sini. Nah, bagaimana selanjutnya? Suatu hari penerbit menghubungi kamu via email atau telepon, mengabarkan berita yang sudah begitu lama kamu tunggu-tunggu, “Naskahnya mau kita terbitkan. Tunggu kabar selanjutnya dari kami, ya!” Woggh! Silakan merayakan kebahagiaanmu. Tapi jangan lama-lama. Mulailah mengikuti secara cermat hal-hal yang berkaitan dengan terbitnya buku kamu.

Fase selanjutnya setelah mendap…

Membuat Outline Novel

Mau belajar menulis fiksi: cerpen/novel/editing, bisa bergabung di Kelas Online KF dan belajar sesuai waktu dan kebutuhanmu. Untuk informasi lengkap silakan kirim email ke kelasonlinekf@gmail.com atau klik gambar untuk mengetahui jenis kelas yang bisa kamu ikuti. Tunggu apa lagi? Segera daftarkan dirimu!
*** Pernahkah kamu menulis novel lalu kemudian ketika sampai di tengah, kamu tiba-tiba buntu, ga tahu harus ngapain ceritanya? ga tahu tokoh ceritanya harus dibikin bagaimana? Dan karena pusing kamu berhenti menulis novel itu dan membuangnya ke tempat sampah. Sayang sekali, padahal Indonesia membutuhkan banyak penulis.  
Semua orang bisa menulis tetapi tak semua orang bisa menulis novel. Butuh kesabaran, kerja keras, latihan, dan  tentu saja komitmen. Hanya orang-orang yang bertekad kuat dan memiliki disiplin diri yang mampu menyelesaikan novelnya. Jadi kalau kamu ingin menulis novel, kumpukan tekad, komitmen, dan percaya novel kamu akan selesai. Namun tekad dan lain-lain itu tak cukup u…

Selingan Semusim: Apakah Atas Nama Cinta Semua Menjadi Halal?

Judul: Selingan Semusim
Penulis: Alaika Abdullah
Tebal: 197 halaman
Genre: Roman-erotis

Selingan Semusim adalah sebuah kisah cinta terlarang antara Novita dan Fajar Kenapa terlarang? Bukan karena perbedaan agama, ideologi atau karena tingkat sosial, melainkan karena mereka berdua sama-sama sudah menikah dan keadaan rumah tangga mereka baik-baik saja.
Kisah cinta ini dibumbui dengan adegan seksual yang diceritakan dengan eksplisit. Karena itulah novel ini memang layak disebut sebagai novel dewasa, 21 tahun ke atas.
Kisahnya sendiri berawal dari perkenalan antara Novita dan Fajar dalam sebuah acara kerja lalu berkembang menjadi sebuah affair yang ternyata berkesan bagi keduanya. Walaupun mereka kemudian berpisah karena memikirkan keutuhan keluarga masing-masing, tetapi mereka tidak saling melupakan.
Tragedi tsunami Aceh juga dimasukkan oleh penulisnya ke dalam cerita ini, dan menjadi salah satu unsur yang mengubah jalan cerita. Kalau dulu Novita adalah seorang isteri yang tidak bisa pe…