Skip to main content

Posts

Showing posts from November, 2012

FINAL Syarat #postcardfiction Di @kampungfiksi

Selamat pagi sahabat KF :)

Hari ini kami ingin mengumumkan ketentuan-ketentuan dalam event #postcardfiction yang akan diadakan bulan Desember nanti.. Jadi apa sih #postcardfiction itu? Dan kenapa dinamain #postcardfiction ?

Definisi Postcard Fiction menurut Wikipedia:


Awalnya sih admin twitter Kampung Fiksi kepikiran untuk menyelenggarakan event ini dengan ketentuan peserta harus membuat karya fiksi di atas kartu pos betulan dan dikirim ke admin Kampung Fiksi. Tapi akhirnya diputuskan bersama bahwa karya fiksi dari event ini akan dimuat di blog milik masing-masing peserta.
Karena menulis di kartu pos tidak bisa banyak-banyak maka kami memutuskan harus ada batasan dari jumlah kata. Dan walaupun ini karya fiksi, harus ada temanya khan. Kami juga sudah menyiapkan tema untuk kisah fiksi di event #postcardfiction :)

Ketentuannya adalah:

#TCVSoftLaunching @CasualVacancyID

Hari Minggu tanggal 25 November kemarin kami dari Kampung Fiksi beruntung untuk dapat menghadiri Soft Launching buku terbaru karya JK Rowling yang berjudul: The Casual Vacancy. Berbeda dengan buku Harry Potter yang bisa dinikmati segala jenis usia, novel terbaru JKR ini ditujukan bagi pembaca dewasa.

Bagi yang ketinggalan live tweet kami sepanjang acara soft launching The Casual Vacancy yang diterbitkan penerbit Mizan di Indo Book Fair , kami post disini ya live tweet-nya.


#postcardfiction Di Kampung Fiksi

Selamat pagi sahabat KF :)

Hari ini kami ingin mengumumkan ketentuan-ketentuan dalam even #postcardfiction yang akan diadakan bulan Desember nanti.

Apa sih #postcardfiction itu? Dan kenapa dinamain #postcardfiction ?

Gari Rakai Sambu : Setiap Penulis Mempunyai Caranya Sendiri

Gambar diambil dari : koleksi foto pribadi Gari

Hai, Sahabat Kampung Fiksi, sudah pada baca khan cerpen keren yang dimuat di blog tercinta ini di hari Minggu, 4 November lalu, yang judulnya "Republic Move On"?

Nah, Kampung Fiksi berkesempatan untuk mewawancarai Gari yang dengan baik hatinya meladeni pertanyaan-pertanyaan yang kami ajukan, dengan ini kita semua berkesempatan sedikit mengenal lebih baik sosok di balik "Republic Move On" yang membuat kita jadi ingin ikut move on juga dari masa lalu yang mungkin masih menahan langkah kita untuk bergerak maju.

Lalu, ada hubungannya tidak sih antara membaca dan menulis? Bagaimana kalau saat sedang menulis, kita merasa mentok, atau mungkin mengalami yang sering dibilang writer's block? Apa Gari sendiri merasa karyanya itu keren? Hmm, kira-kira dari mana sih Gari mendapatkan sumber inspirasinya? Dan ingin dikenal sebagai penulis seperti apa ya Gari?

Mau tahu jawabannya? Stay tune yaa dan pastinya ikutin terus sampai s…

[Serial Kamis Tips Nulis] Mulai Menulis Buku

(Yok! Tanya Mak Bunglon!) Bagaimana Konsisten Menulis Tanpa Terganggu Mood dan Persoalan Sehari-hari?

Pertanyaan minggu ini yang masuk ke e-mail Kampung Fiksi lumayan beragam. Mak Bunglon Winda pilih pertanyaan dari Olivia Kamal.

Pertanyaan:

"Bagaimana menyelesaikan sebuah karya (novel) tanpa terpengaruh mood, ribetnya persoalan hidup sehari-hari (pekerjaan, rumah tangga, dll), rasa malas dan distraksi lainnya?"

Jawab:

Cerpen Minggu Keren: Republik Move On

Republik Move On oleh Gari Rakai Sambu
Rani, senior yang paling ditakuti oleh segenap mahasiswa baru di kampusku, sama persis dengan Malang: dingin, misterius. Rani adalah orang paling antagonis di acara ospek ini. Selain mahasiswi, kurasa penebar teror adalah pekerjaan utamanya. Dan hari ini, berkat sedikit “keberuntungan,” teror itu khusus ia hadiahkan kepadaku. Ya, aku. Bukan ratusan mahasiswa lain yang berbaris dalam topi dan pita warna-warni di lapangan kampus pagi ini.
“Sebutin sekali lagi, apa dosa kamu?”
Aku mendesah pelan. Entah sudah berapa kali aku mengucapkan kalimat ini sedari tadi pada senior-senior lain: “Gak bawa telor.” Mungkin ini yang keseratus kalinya.

[Serial Kamis Tips Nulis] Becoming a Better Writer

Beberapa hari yang lalu ketika tengah browsing, #DJTwitKF menemukan topik : How Becoming A Better Writer. Okay, sebelum dilanjutkan kami di Kampung Fiksi merasa perlu mengingatkan bahwa tips menulis sebenarnya tersebar di internet. Tapi, apakah kami disini dan sahabat KF bisa menjadi penulis yang baik tetap tergantung dari diri masing-masing ya :)

Okay, mari kita mulai aja #KamisTipsNulis hari ini:


Seperti yang kita ketahui, hidup adalah proses belajar yang tidak pernah berhenti #KamisTipsNulis

Utk bisa menjadi penulis yg baik itu diperlukan juga proses belajar yg terus menerus #KamisTipsNulis