Skip to main content

Diskusi Buku @NuthaylaAnwar


Hari Sabtu tanggal 2 February, Kampung Fiksi yang dengan para wakilnya (ehm) : #DJTwitKF RiaTumimomor disertai oleh Nastiti; atas undangan Penerbit Mizan berkesempatan menghadiri diskusi buku Alazhi Perawan Xinjiang karya Nuthayla Anwar. Lokasi tempat diskusi berada di area Mall Bellagio Mega Kuningan.
Dari meeting point di Plaza Senayan meluncurlah kami berdua menuju area Mega Kuningan dan masuk ke area Bellagio Mall. Di undangan tertera kalau tempat diskusi berada di Soul In CafĂ© maka kesanalah kami menuju. Eh, sampai disana ada mbak Esti yang menyambut di depan dan langsung mempersilahkan kami  untuk segera masuk dan makan siang. Didalam kami disambut oleh seorang wanita cantik yang dengan ramah menyapa dan menanyakan nama kami. Setelah memperkenalkan diri kalau kami datang mewakili Kampung Fiksi dia langsung mempersilahkan untuk mulai menikmati makanan yang disediakan. 

Diskusi ini selain menghadirkan penulisnya: Nuthayla Anwar, ada juga narasumber lain yaitu: Damhuri Muhammad (esais, kurator sastra Media Indonesia) dan Hudan Hidayat (pengamat sastra, cerpenis). Acara diskusi dipandu oleh: Binhad Nurrohmat. Ketika acara berlangsung baru deh nyadar kalau cewek cantik yang menyapa kami adalah…jreng, jreng… sang penulis buku yang akan menjadi bahan diskusi ini. Jadi buku ini bukan terjemahan melainkan memang hasil karya penulis Indonesia.  


Acara dimulai dengan pemutaran video mengenai kerusuhan yang terjadi di Xinjiang, provinsi barat daya China. Kemudian sekilas diceritakan tentang isi buku tersebut yang bercerita tentang keluarga etnis muslim Uyghur dengan tokoh utamanya: Alazhi.  mengenai wanita suku Uyghur bernama: Alazhi.  Alazhi dan kedua saudarinya akhirnya meninggalkan rumah, mengejar kehidupan yang mereka inginkan. Apakah mereka berbahagia dengan keputusan itu? Atau ada tragedi yang membayangi  akibat keputusan mereka? Pergolakan tokoh ceritanya yang disampaikan dalam buku tersebut.  Sang pembawa acara sampai bertanya-tanya, mengapa ya buku best seller umumnya bercerita tentang tragedy? 

Novel ini menceritakan adanya konflik batin, dimana tokohnya keluar berusaha merubah jalan hidupnya. Problema keluarga yang bisa terjadi di mana saja. Novel-novel besar yang bercerita mengenai tragedy. Mengingatkan bahwa kemanusiaan perlu diperjuangkan.  Dalam diskusi akhirnya kami mendapat informasi kalau tokoh Alazhi benar-benar ada dan dirinyalah yang menjadi sumber inspirasi Nuthayla dalam menyusun kisah ini. Bukan berarti tidak ada kesulitan karena kendala bahasa terjadi sehingga Nuthayla harus menggunakan penerjemah. Selebihnya, tentu saja melalui riset yang tidak dalam waktu singkat. 10 bulan total novel ini akhirnya berhasil dirampungkan.  Dalam menulis, Nuthayla mengaku sering menangis karena tulisan ini adalah kisah tentang perjalanan batin. Lewat pemutaran video kami juga menyaksikan secara singkat kehidupan suku Uyghur.  

Acara tanya jawab berlangsung terutama mengenai proses pembuatan novel.  Misi Nuthayla dalam menulis novel ini adalah kita sebaiknya menghargai perbedaan, belajar mencintai sesama. Dan sebagai sesama manusia kita harus bisa membangun empati. 


Akhirnya acara diskusi tersebut berakhir dengan penandatanganan buku dan tentu saja foto bersama. 
Terima kasih untuk Peter dari Penerbit Mizan yang sudah mengundang kami ke acara diskusi buku Nuthayla Anwar ini.  And thanks juga untuk Nuthayla Anwar yang ramah banget kepada kami berdua.

Popular posts from this blog

(Berbagi Pengalaman) Prosedur Umum Menerbitkan Buku Melalui Penerbit Besar

Banyak penulis yang belum berpengalaman menerbitkan buku melalui penerbit besar mengalami kebingungan saat sudah mendapat “lampu hijau” dari penerbit. Kebingungan ini mungkin disebabkan oleh euforia karena mengetahui karyanya akan segera dibukukan dan akan dipajang di toko buku-toko buku seluruh Indonesia. Saking bingungnya, penulis akhirnya hanya bisa pasif menunggu apa selanjutnya yang akan dilakukan penerbit dengan naskahnya. Padahal masih banyak prosedur yang melibatkan penulis secara aktif, sampai buku itu terbit.

Soal bagaimana menembus penerbit, Kampung Fiksi sudah membahasnya di sini. Nah, bagaimana selanjutnya? Suatu hari penerbit menghubungi kamu via email atau telepon, mengabarkan berita yang sudah begitu lama kamu tunggu-tunggu, “Naskahnya mau kita terbitkan. Tunggu kabar selanjutnya dari kami, ya!” Woggh! Silakan merayakan kebahagiaanmu. Tapi jangan lama-lama. Mulailah mengikuti secara cermat hal-hal yang berkaitan dengan terbitnya buku kamu.

Fase selanjutnya setelah mendap…

Membuat Outline Novel

Mau belajar menulis fiksi: cerpen/novel/editing, bisa bergabung di Kelas Online KF dan belajar sesuai waktu dan kebutuhanmu. Untuk informasi lengkap silakan kirim email ke kelasonlinekf@gmail.com atau klik gambar untuk mengetahui jenis kelas yang bisa kamu ikuti. Tunggu apa lagi? Segera daftarkan dirimu!
*** Pernahkah kamu menulis novel lalu kemudian ketika sampai di tengah, kamu tiba-tiba buntu, ga tahu harus ngapain ceritanya? ga tahu tokoh ceritanya harus dibikin bagaimana? Dan karena pusing kamu berhenti menulis novel itu dan membuangnya ke tempat sampah. Sayang sekali, padahal Indonesia membutuhkan banyak penulis.  
Semua orang bisa menulis tetapi tak semua orang bisa menulis novel. Butuh kesabaran, kerja keras, latihan, dan  tentu saja komitmen. Hanya orang-orang yang bertekad kuat dan memiliki disiplin diri yang mampu menyelesaikan novelnya. Jadi kalau kamu ingin menulis novel, kumpukan tekad, komitmen, dan percaya novel kamu akan selesai. Namun tekad dan lain-lain itu tak cukup u…

Selingan Semusim: Apakah Atas Nama Cinta Semua Menjadi Halal?

Judul: Selingan Semusim
Penulis: Alaika Abdullah
Tebal: 197 halaman
Genre: Roman-erotis

Selingan Semusim adalah sebuah kisah cinta terlarang antara Novita dan Fajar Kenapa terlarang? Bukan karena perbedaan agama, ideologi atau karena tingkat sosial, melainkan karena mereka berdua sama-sama sudah menikah dan keadaan rumah tangga mereka baik-baik saja.
Kisah cinta ini dibumbui dengan adegan seksual yang diceritakan dengan eksplisit. Karena itulah novel ini memang layak disebut sebagai novel dewasa, 21 tahun ke atas.
Kisahnya sendiri berawal dari perkenalan antara Novita dan Fajar dalam sebuah acara kerja lalu berkembang menjadi sebuah affair yang ternyata berkesan bagi keduanya. Walaupun mereka kemudian berpisah karena memikirkan keutuhan keluarga masing-masing, tetapi mereka tidak saling melupakan.
Tragedi tsunami Aceh juga dimasukkan oleh penulisnya ke dalam cerita ini, dan menjadi salah satu unsur yang mengubah jalan cerita. Kalau dulu Novita adalah seorang isteri yang tidak bisa pe…