Skip to main content

Posts

Showing posts from October, 2013

DIBUKA! KELAS MENULIS ONLINE & PERSIAPAN J50K-2014

Dibuka! Kelas Menulis Online Kampung Fiksi
&Persiapan J50K-2014 

 Kelas Menulis Online:
Ada kabar gembira buat teman-teman yang bertanya-tanya apakah Kampung Fiksi akan membuka kelas online menulis fiksi. Jawabannya, ya, kami akan membuka 2 kelas online khusus untuk mendampingi Nekaders yang ingin secara serius mengikuti dan memanfaatkan momentum marathon menulis #J50K-2014 nanti, silakan baca informasinya pada page Kelas Menulis Online.

Langkah-langkah Persiapan J50K-2014
Bagi yang bertekad untuk jadi Nekaders marathon menulis 50.000 kata pada bulan Januari nanti, ayo lakukan persiapannya sejak sekarang!

Apa saja yang perlu dipersiapkan?
Cukup banyak juga sih... 
Tapi PERLU! bila kita mau memudahkan proses menulisnya kelak. Karena itu nggak ada salahnya untuk melakukan langkah-langkah awal yang berguna bagi kelancaran langkah-langkah selanjutnya.

Tips #PersiapanJ50K di @J50K_KF
Nah, sudah merasa SIAP untuk memulai langkah-langkah awal yang mungkin saja terlihat remeh-temeh tetapi ter…

UPDATE!!! PEMENANG LOMBA MENULIS "MENJADI NEKADERS J50K"

Berikut PEMENANG Lomba Menulis "Menjadi Nekaders J50K" yang berhak memperoleh uang tunai Rp. 500.000,-

Citra Rizcha Maya, entrinya dapat di baca di blognya: Cerita Cinta Ciptaan Citra

Dua pemenang yang dipilih secara random untuk ikut Kelas Online Kiat Mengedit Novel Sendiri secara gratis adalah:

Ephy Scarf 
Fide Carolina

Selamat kepada para pemenang dan terima kasih kepada semua partisipan J50K!

***

Yuk, ikut meramaikan kegiatan #J50K sekaligus memberikan motivasi + komitmen kepada diri sendiri, gimana caranya?

Caranya, ikut LOMBA MENULIS MENJADI NEKADERS J50K.

1. Apabila kamu punya blog, pasanglah LOGO J50Kini pada sidebar blogmu. (Wajib) 2. Buat sebuah entri (di blog atau notes FB) dengan judul 'Menjadi Nekaders J50K', yang menceritakan: tujuanmu mengikuti J50K, cerita apa yang akan kamu tulis, dan persiapan-persiapan yang kamu lakukan untuk mengikuti J50K nanti. Bagi yang sudah pernah mengikuti J50K di tahun-tahun yang lalu, silakan bagikan pengalamanmu, baik suka …

(Wawancara Penulis) Emil Amir: Mengangkat Budaya Lokal ke Dalam Cerpen

(Tips Menulis Fiksi) Trik Untuk Meneruskan Naskah Setengah Jadi

Halo Fictionholics. Bagaimamana kabar naskah yang sedang kamu tulis? Adakah yang sekarang naskahnya lagi terkatung-katung alias mandeg? Coba diingat-ingat sudah berapa lama naskah belum selesai itu ngendon di folder kamu?

Memang suka ada rasa terintimidasi ya saat kita ingin kembali meneruskan naskah mandeg itu. Kadang suka ragu-ragu, bisa nggak ya membuat adegan yang keren banget setelah sekian lama naskah ditinggal saat menjelang konflik? Jangan-jangan nanti malah jadi maksa?

Ingin juga langsung meneruskan tanpaarah, yang penting terusin aja dulu. Soal mau ke mana cerita akan berbelok, urusan belakangan. Tapi, lagi-lagi, kamu merasa akan membuang-buang waktu saja. Jangan-jangan nanti naskahnya bukan mendekati ending, malah melebar ke mana-mana? Ketakutan dan keraguan meneruskan naskah mandeg itu akhirnyamembuatkamu urung menulis lagi. Mood juga menguap entah kemana.

Sebenarnya, tahu nggak kamu kalau penyebab tulisanmu mandeg itu bisa jadi karena konsep cerita kamu lemah? Bisa jadi, sa…

(Berbagi Pengalaman) Kalah lagi? Ikut Lagi!

Oleh Endah Raharjo
Mengarang cerita telah jadi bagian penting dalam keseharian saya beberapa tahun belakangan. Dari  satu novel, puluhan cerpen, dan beberapa cerber yang pernah saya tulis, ada dua cerpen yang proses menulisnya mau saya bagi di sini. Mengapa hanya dua? Sebab dua cerpen itu dimuat di salah satu majalah yang cukup populer di Indonesia. 
Sudahlah. Tak perlu diperdebatkan. Pembaca dan penulis (masih) lebih menghargai tulisan/karangan yang diterbitkan oleh penerbit major dan media cetak (majalah, koran, jurnal) daripada tulisan/karangan yang terbit indie atau diunggah di media online. 
Dua cerpen itu (Lelaki dari Masa Lalu dan Perempuan di Samping Tangga) awalnya hanya ndongkrok di folder “Fiksi” di dalam laptop. Entah kapan nulisnya, saya lupa. Perjalanan mereka dari folder laptop hingga diterbitkan di majalah mau saya bagi dengan sobat-sobit Kampung Fiksi. Begini…. 
Lelaki dari Masa Lalu (LML)
Suatu hari LML saya baca lagi dan saya poles sedikit: alurnya dan bahasanya. Pe…

Rewrite/Remake Proyek 1: Hatiku Telah Bosan, Glory Grant

Proyek #RewriteRemake1  Judul Cerpen: Hatiku Telah Bosan.  Sumbangan Tulisan GloryGrant
Silakan menulis RewriteRemake ala kalian di kolom komentar, dengan syarat-syarat sbb:
Kamu boleh,1. Mengubah judulnya2. Mengubah sudut pandang (pov) penceritaan.3. Mengubah awal dan akhir.4. Membuat sambungan cerita.5. Memberikan kritik membangun, tetapi harus membuat contoh seperti apa cerita ini agar lebih baik menurut pandanganmu. 
Yuk berlatih!
Hatiku Telah Bosan.  Oleh: Glory Grant
“Mina, tolong sabarlah menungguku. Aku pasti kembali,” kata Mas Egi.
“Kapan kamu akan kembali, Mas?” tanyaku.
“Itu…. Sesuatu yang tidak pasti. Jika aku dapat cuti lebih, aku akan segera kembali. Nanti aku kabari,” jelas Mas Egi.
Aku melambaikan tanganku kepada Mas Egi yang akan pergi merantau ke kota seberang. Ya, dia mendapatkan pekerjaan di kota sana yang jauh. Aku ingat perkataannya beberapa hari yang lalu, “Ini demi masa depan kita, Mina. Aku harus terima pekerjaan ini, supaya bisa mengumpulkan uang untuk kita na…

Remake/Rewrite Cerpen/First Page

Setiap hari Rabu kan ada Rabview, sedangkan setiap hari Kamis, ada Kamis Tips Nulis, nah untuk setiap hari Minggu rencananya bakalan ada Cerpen Minggu Keren di blog Kampung Fiksi. Tapi, setelah dipikir-pikir, karena blog ini adalah blog belajar bareng, jadi, lebih seru kalau dibikin sesuatu yang lebih mendekati ke belajar bareng tersebut. Maka, muncul ide untuk melakukan remake/rewrite cerpen atau 1st page novel (bener-bener satu halaman pertama saja ya, jangan satu bab awal) di Kampung Fiksi ini. Remake/Rewrite ini terbuka bagi karya siapa saja, baik admin Kampung Fiksi sendiri maupun mereka yang ingin menyumbangkan cerpen atau first page-nya dan rela untuk di-remake/rewrite oleh siapapun yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.
Yang mau berpartisipasi menyumbangkan cerpen atau 1st page mereka, bisa kirim ke kampungfiksi@gmail.com, dengan menuliskan pada subyek email: Remake/Rewrite Cerpen atau Remake/Rewrite 1st Page. Panjang naskah yang dikirimkan, maksimal 1000 kata.
Untuk m…

#Rabview Delapan SIsi

Delapan Sisi : Jangan kira hanya kamu yang menanggung akibat dari pilihanmu.

Judul Buku: Delapan SisiPengarang : Adityarakhman, Astri Avista, MB Winata, Norman Erikson Pasaribu, Prily V., Ridha A. Rizky RF Respaty, Riesna KurniaPenerbit : Plot PointJumlah Halaman : 182 halamanISBN 139786029481440


Apakah kalian tahu Omnibook? Omnibook adalah kumpulan cerpen yang dibuat dan memiliki satu benang merah. Misalnya terjadi di satu kota, terjadi di satu tempat atau mungkin tentang satu orang tetapi dikisahkan dengan cara yang berbeda. Pokoknya omnibook ini adalah kumpulan kisah yang memiliki benang merah. Pernah nonton Love actualy? Nah kira-kira omnibook itu seperti itu.
Delapan sisi sendiri adalah omnibook yang dikeluarkan oleh Plotpoint dan peserta akademi bercerita , belajar menulis bersama yang dikelolah plot point. Omnibook ini berkisah tentang Dr. Urip alias Sugeng memilih untuk menjadi seorang dokter aborsi. Tanpa dia ketahui pilihannya itu membuat Rini harus menyiapkan tiga boneka setia…