Skip to main content

Posts

Showing posts from April, 2014

(Wawancara Editor) Andri Fabianto: Bagaimana Naskahmu Digarap oleh Seorang Editor?

Halo, Fictionholics!
Ada yang sudah baca novel Jodoh Akan Bertemu terbitan Loveable? Novel yang ditulis duet oleh Dwitasari dan Lana Azim ini beberapa waktu yang lalu sempat Kampung Fiksi review melalui Twitter. Tim review KF sendiri terkesan banget sama novelnya. Selain ceritanya memang bagus, editing buku tersebut rapi sekali. Plot yang tersusun, logika yang nyambung di tiap adegan sampai ke balance gaya bahasa, mengingat novel ini ditulis oleh dua orang, laki-laki dan perempuan. 
So, Kampung Fiksi penasaran, siapakah "bidan" di balik novel ciamik ini? Ternyata beliau adalah Andri Fabianto. Turns out, beliau juga menjabat sebagai Pimred di Loveable. Kampung Fiksi nggak mau buang-buang waktu. Mas Andri langsung kita todong wawancara supaya mau berbagi ilmunya seputar menjadi editor naskah fiksi. Bisa jadi panduan nih buat kamu yang lagi mulai pilih-pilih penerbit. 


1.    Sudah berapa lama Mas Andri berprofesi sebagai editor? Apakah sejak awal sudah khusus menangani naskah fik…

(Wawancara Penulis) Ramayda Akmal: Menulis Wanita dalam Jatisaba

#Rabview (Bukan) Salah Waktu

Halo #fictionholic apa kabar? Berapa buku yang kamu baca bulan ini? Kalau saya banyak sekali *pamer. Tahukah Fictionholic kalau awal bulan lalu  kampung fiksi lagi senang? Salah satu admin kami Mbak Nastiti Deni baru saja menerbitkan novel perdananya. Novel itu berjudul (bukan) salah waktu dan diterbitkan Bentang Pustaka. Beberapa waktu lalu kampung fiksi dan Bentang juga baru launching novel ini, loh. Di Rabview kali ini, tukang review kampung fiksi akan mereview novel ini.
Bukan salah waktu dimulai oleh adegan Sekar, tokoh utama perempuan dalam novel ini yang mimpi terkurung dalam sebuah ruangan sempit. Mimpi itu dimulai ketika Sekar memutuskan untuk berhenti bekerja dan menjadi Ibu rumah tangga dengan alasan fokus mengurus suami. Untuk sebuah pembukaan novel, menurut saya ini ide yang cukup briliant. Ini bisa jadi salah satu saran bagus buat Fictionholic yang sedang bikin novel. Mulailah novelmu dengan adegan yang keren dan jangan pernah mulai novelmu dengan bangun tidur.
(foto diam…

Nonton Bareng @smartfrenworld : THE RAID 2

Ketika dihubungi oleh pihak Smartfren untuk ikutan nonton bareng film THE RAID 2: BERANDAL , kami sempat merasa khawatir tidak bisa menghadiri. Pertama diinformasikan bahwa jam nonbar ini berlangsung di siang hari. Waduh.... Kami yang terdiri dari berbagai personil yang tinggal berjauhan dengan kesibukan masing-masing sempat pesimis. Hingga akhirnya mendapat kabar kalau acara berlangsung pukul 7 malam. AH! Akhirnya jadi juga menonton film yang konon sampai dilarang beredar di Malaysia. #DJTWITKF juga penasaran dengan berita yang mengatakan kalau film ini terlalu sadis. Aih, seeing is believing jadi mari nonton!