Thursday, September 11, 2014

(Tips Praktis) Perjalanan Panjang Naskah Novelmu

Halo, Fictionholics! Sudah lama kita tidak membahas seputar menulis fiksi, ya? Bagaimana kalau hari ini kita ngobrol tentang perjalanan naskah? Kamu tahu nggak apa saja yang harus dilalui oleh naskahmu sebelum dia berubah wujud dari file dalam flash disc menjadi buku?



Masih banyak pertanyaan yang masuk ke Kampung Fiksi tentang serba-serbi menerbitkan novel atau buku. Sebagian besar merasa, begitu selesai menulis (mengetik) ceritanya menjadi sebuah naskah, mereka bisa langsung mengirim ke penerbit. Pemahaman yang terburu-buru seperti itu biasanya menghasilkan pertanyaan yang "mentah" seperti, "Bagusnya ke mana saya kirim naskah novel saya?" Yok, kita runut satu per satu langkah-langkahnya supaya paham seperti apa perjalanan yang akan dialami oleh naskahmu mulai dari dia selesai ditulis.


Friday, September 5, 2014

Pertemuan pertama Klub Buku Online Kampung Fiksi


Judul buku : One For the Money
Penulis : Janet Evanovich

Pengalaman membaca One For The Money...
By Ruwi Meita
Stephanie Plum adalah seorang wanita mandiri yang tadinya bisa hidup layak saat bekerja di sebuah toko lingerie.Namun kemudian dia kena PHK dan kehidupannya langsung hancur. Dia harus berlapang hati menukarkan mobilnya dengan rongsokan. Dia juga mulai berpikir untuk tinggal di rumah orangtuanya. Kejaran utang dan kredit membuatnya berpikir untuk segera mencari pekerjaan. Ayahnya menganjurkan kepada Stephanie untuk bekerja di tempat Vinnie, sepupunya. Semula Stephanie ingin melamar di bagian administrasi namun saat tahu bayaran untuk seorang pemburu lacak buron lebih tinggi. Dia memberanikan diri untuk mencoba melakukannya. Sayangnya dia tidak pernah menyangka buruan pertamanya adalah Joe Mirelli. Stephani pernah punya pengalaman seksual dengan Joe Mirelli saat mereka masih remaja. Joe Mirelli adalah seorang polisi yang dituduh membunuh Ziggy. Stephanie yang sama sekali tidak punya pengalaman begitu polos meminta Joe Mirelli untuk datang ke pengadilan. Dia tidak pernah menyangka pekerjaan ini butuh kekuatan tangan dan nyali.