Thursday, August 6, 2015

(Prompt) Ceritera Agustus 6

Prompt hari ini, diambil dari paragraf pertama novel The Architect's Apprentice, karangan Elif Shafak. 

Dari antara semua manusia yang diciptakan Tuhan dan mereka yang disesatkan oleh Setan, hanya beberapa yang berhasil menemukan Pusat Semesta, di sana tak ada yang baik dan tak ada yang jahat, tak ada masa lalu dan tak ada masa depan, tak ada 'saya' dan tak ada 'anda', tak ada perang dan tak ada alasan untuk berperang, hanya lautan ketenangan yang tak berujung. Apa yang mereka temukan di sana, begitu indahnya sehingga mereka kehilangan kemampuan untuk berbicara. 

Para malaikat penjaga tempat itu, karena kasihan kepada mereka, menawarkan dua macam pilihan: Bila mereka ingin kembali memperoleh suara mereka, mereka harus melupakan apapun yang pernah mereka lihat, meskipun sebuah perasaan kehilangan akan menetap jauh di dalam sanubari mereka. Jika mereka memilih tetap mengingat keindahan, maka, pikiran mereka akan terganggu sehingga mereka tak dapat membedakan kenyataan dengan khayalan. Demikianlah, mereka yang tak sengaja menemukan tempat yang tak tertera di dalam peta itu, akan kembali entah dengan kerinduan terhadap sesuatu, yang tidak mereka ketahui apa, atau dengan begitu banyak pertanyaan. Mereka yang begitu merindukan perasaan menjadi lengkap kembali akan disebut 'para pecinta', dan mereka yang begitu haus akan pengetahuan akan disebut 'para pembelajar'.

Kamu adalah satu dari sekian orang yang menemukan Pusat Semesta, sebagai penulis dan blogger kamu ingin mengabarkannya kepada dunia. Apa yang akan kamu lakukan?

Selamat menulis! Kalau tertarik untuk membaca juga novel karangan Elif Shafak tersebut, dapat membeli langsung ebooknya di Amazon. Atau, bila kamu lebih suka membaca buku kertas daripada buku elektronik, silakan mencari di toko-toko buku. Saya tidak tahu apakah sudah ada terjemahan dalam bahasa Indonesia.