Friday, June 26, 2015

JUMP! #5 FANTASI

Jump kali ini akan disukai oleh kamu yang gemar menulis cerita fantasi. Kalimat pembuka ceritamu adalah sebagai berikut:

Orang Lao Polopo Yang Misterius

Jauh di bawah laut, hiduplah suku Lao Palopo. Tak ada yang dapat melihat mereka. Tak ada yang dapat mendengar suara mereka. Tetapi saat orang-orang Lao Palopo dengan tiba-tiba muncul ke permukaan, mereka dapat mendengar apa saja dan mengetahui apa saja, tentang siapa saja.

Silakan teruskan cerita ini sesuai dengan imajinasimu.

Selamat menulis!


Friday, June 19, 2015

JUMP! #4 ROMANCE

Suka menulis drama percintaan? Yuk, cobain plot berikut ini:

Situasi: Dua orang rekan kerja yang biasanya saling bermusuhan, dipertemukan dalam sebuah blind date dan mereka merasa cocok.

Komplikasi: Salah satu dari kedua tokoh masih berhubungan dengan orang lain.

Tema: Cinta patut diperjuangkan.

Detil: Penyakit serius yang dialami oleh salah satu tokoh memperkuat hubungan mereka.

Selamat menulis!

Friday, June 12, 2015

JUMP! #3 HOROR/THRILLER/MISTERI

Prompt kita kali ini untuk mengeksplorasi sisi gelapmu. Semua orang punya sisi gelap, sampai sejauh mana kita berani berimajinasi?

1. Seorang perempuan terbangun dalam bathtub yang diisi penuh dengan es batu tanpa rasa sakit pada tubuhnya, tetapi ia merasa ada sesuatu yang hilang. 

2. Tokoh utamamu memiliki kemampuan untuk melihat hantu, tetapi hanya hantu-hantu dari mereka yang meninggal secara tragis.

3. Melalui sudut pandang seorang pembunuh berantai, jelaskan bagaimana ia memandang perbuatannya dan bagaimana ia membenarkan perbuatannya.

Selamat menulis!

Friday, June 5, 2015

JUMP! #2 UMUM

Ada enam prompt untuk dipilih menemani petualangan menulismu hari ini. Prompt ini adalah prompt sederhana yang dapat dikerjakan masing-masing selama 5-10 menit untuk berlatih menulis dan mengembangkan imajinasi dalam waktu yang terbatas.

1. Tokoh utamamu menerima cek sebanyak 5M, tanpa tahu siapa pengirimnya. Apa yang akan dilakukannya dengan uang itu? Apakah ia akan tahu siapa pengirimnya? Bagaimana uang itu mengubah hidupnya?

2. Jika tokoh antagonismu dianugerahi satu kemampuan super, apa yang akan dipilihnya, dan apa yang akan dilakukannya dengan kekuatan tersebut?

3. Tokoh ceritamu mengetahui bahwa dia akan meninggal dalam waktu kurang dari lima tahun. Bagaimana ia mengetahuinya dan apa sebabnya? Apa yang dilakukannya untuk mengisi hidupnya selama 5 tahun?

4. Apa nama tokoh ceritamu? Apakah ia menyukai atau tidak menyukai namanya? Ceritakan alasannya melalui sudut pandang sahabat terdekatnya.

5. Tokohmu diberikan pilihan untuk: 1. Hidup abadi tanpa pernah mengalami rasa sakit atau penderitaan, tetapi mengalami hidup sederhana. Atau, 2. Hidup hanya sampai usia tertentu dan harus berjuang keras, tetapi pasti berhasil dengan gemilang dalam apapun yang dikerjakannya. Apa pilihannya?

6. Makanan dapat menjadi jalan untuk menghasilkan tulisan yang bagus. Ceritakan makanan kesukaan tokoh utamamu dengan sedemikian rupa sehingga makanan itu seakan-akan tersaji di depan mata pembaca.

Selamat menulis!

Thursday, June 4, 2015

Menu Tulisan Kampung Fiksi 2015

Hai Fictionholics! Apa kabar? Semoga tetap semangat menulisnya, apalagi dengan adanya beberapa menu baru di KF yang dapat membantu kegiatan menulis kalian. Apa aja mereka? Yuk disimak.

MENU BARU:

Review Aplikasi Menulis 

Review Aplikasi Menulis, adalah artikel tentang aplikasi-aplikasi kekinian yang ada hubungannya dengan dunia menulis, seperti yang sudah diulas oleh Winda Krisnadefa di sini, dan akan ada lagi ulasan-ulasan berikutnya tentang aplikasi-aplikasi menarik dan tentunya yang mempermudah penulis di era internetan ini untuk berlatih menulis, memperoleh ide, memasarkan buku, dan sebagainya. 

UNIK

Kapling UNIK, singkatan dari Ulasan Novel Impor KampungFiksi.com, akan membawa kalian penggemar novel terjemahan atau novel karya penulis mancanegara ke dalam petualangan membaca novel-novel impor yang ringan seperti drama keluarga dengan bumbu percintaan, atau drama percintaan dengan bumbu misteri dan thriller. 

Melalui UNIK akan dibahas teknik penulisan yang dapat dipelajari dari novel yang diulas. Tentu saja tidak dibahas secara menyeluruh. Akan dipilih satu bagian saja. Misalnya, membahas cara penulis menyusun adegan, atau karakter tokoh cerita, settingnya, atau kutipan-kutipan menarik yang terdapat di dalam novel. Bisa juga, secara borongan membahas beberapa novel sekaligus.

Tujuan utama UNIK adalah untuk memetik pelajaran dari teknik-teknik yang dipergunakan penulis yang telah mendunia atau sudah berhasil (berkali-kali) menjual karyanya kepada penerbit bahkan menjadi bestseller atau sudah difilmkan.


JUMP!

JUMat Prompt! adalah prompt yang bisa kalian temukan pada setiap hari Jumat di blog KampungFiksi.com. Tujuannya untuk menantang siapa saja menulis sebuah cerita yang berasal dari nukilan ide yang telah tersedia.

MENU LAMA yang tetap eksis:

RABVIEW

Yang rutin, yang sudah ada, seperti Rabview novel-novel lokal, akan terus berlanjut. Bagi penulis yang ingin novelnya atau novel penulis kesayangannya direview oleh KF dalam rangka promosi novel, bisa mengirimkan novelnya kepada kami. Silakan kirim email ke kampungfiksi@gmail.com untuk mengetahui alamat pengiriman dan cara pemuatannya.


J50K

Setelah absen dilaksanakan pada Januari 2015 ini, J50K akan kembali hadir dua kali setahun, yaitu di bulan Juli dan Januari. Para peserta J50K bisa memakai bulan Juli khusus untuk menulis kumpulan cerita pendeknya, sedangkan J50K di Januari untuk menulis novel atau sebaliknya.

Bagi yang memerlukan tips menulis dan teknik-teknik menulis marathon selama J50K berlangsung (31 hari, 50.000 kata), dapat menyimaknya di sini atau membongkar arsip-arsip lama di blog KF.

Interview Penulis

Masih bisa dinikmati juga interview yang pernah dilakukan oleh KF dengan beberapa penulis Indonesia. Bila kalian ingin KF mewawancarai penulis kesayangan kalian, silakan informasikan kepada kami. Atau, bila kamu adalah seorang penulis dan ingin diinterview oleh KF, hubungi kami di kampungfiksi@gmail.com.

Demikian menu yang ada di KampungFiksi.com, selamat menikmati dan tetap menulis! (G)