Skip to main content

Posts

Showing posts from September, 2015

Go Set A Watchman: Menggali Lebih Dalam Kegelisahan Harper Lee

Book Talk : Go Set A Watchman

Pada tanggal 4 September bertempat di @atAmerica – Pacific Place kami dari KF diundang untuk menghadiri acara diskusi buku Harper Lee : Go Set A Watchman. Eh? Katanya Harper Lee hanya mengarang satu novel yang fenomenal itu yaitu: To Kill A Mocking Bird. Jadi ada lagi? 
Nah, pembahasan buku  GO SET A WATCHMAN dipandu oleh Arman Dhani; Blogger. Pembicaranya adalah mbak Leila S. Chudori  (Wartawan Senior Tempo), miss Sarah Ziebell dari kedutaan Amerika dan editor penerbit Mizan sekaligus penerjemah mbak Esti Budihabsari .

Jadi sebenarnya yang mana duluan? Naskah Go Set A Watchman atau To Kill A Mocking Bird?
Ternyata, yang ditulis pertama oleh Harper Lee adalah Go Set A Watchman. Tapi ketika ia mengajukan naskah tersebut kepada editor, ia diminta untuk menggodok cerita tokoh utama : Jean Louise Finch (Scout). Proses menulis cerita dari sudut pandang yang berbeda dengan tokoh utama seorang anak yang berusia 6 tahun berlangsung kurang lebih selama 2,5 tahun. Dan setelah selesai novel ter…

(Prompt) Ceritera September 2

Tulis ceritera tentang tokoh yang sedang duduk di atas atap memandang langit. Apa yang dilakukannya di sana? Apakah ia sendirian? Mengapa dia memilih duduk di sana? Saat ia memandang kota di bawahnya, apa saja yang dapat dilihatnya? Apa yang terlintas di dalam pikirannya tentang kota itu?

(Prompt) Ceritera September 1

Kota dapat menjadi tempat yang hangat, dapat pula menjadi tempat yang dingin dan menakutkan, atau sibuk dan penuh dengan tugas-tugas. Ceritakan tentang kota tempat karaktermu tinggal. Seperti apa kota itu, memgapa ia memilih tinggal di sana?